sebuah blog yang memuat berbagai macam info dan pengetahuan

Rabu, 15 Agustus 2012

Definisi dan sejarah Jaringan


Definisi dan sejarah Jaringan

§  Komunikasi data adalah perpindahan data dari satu tempat ke tempat yang lain melalui media tertentu. (sifatnya global)
§  Jaringan kompter adalah 2 atau lebih komputer yang terhubung melalui media tertentu yang dapat berkomunikasi dan pertukaran data.
§  Jadi jaringan komputer adalah bagian dari komunikasi data.
§  Komputer pertama, ENIAC ditemukan pada tahun 1946, dan dinyatakan sebagai komputer modern. Konsep jaringan petama kali muncul di Amerika Serikat, sebagai proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan Group Riset Harvard University dipimpin oleh Prof H. Aiken. Ide awalnya adalah perangkat komputer ini harus dapat dipakai bersama.
§  Akhir tahun 1950-an, Fireman’s Fund Insurance Co, berhasil menghubungkan tape drive komputer IBM dengan jaringan telepon dengan teknik yang mirip pada telegraph. Pada saat ini berkembang konsep distribusi proses pada super komputer yang didasarkan pada waktu, selanjutnya disebut sebagai Time Sharing System. Dalam konsep ini, super komputer harus melayani banyak terminal.
§  Pada tahun 1967, ARPA (Advanced Research Projects Agency) menghubungkan komputer mainframe melalui penghubung prosesor pesan (Interface Message Processor)
§ Pada tahun 1972, dinyatakan sebagai awal kelahiran jaringan internet, yaitu dengan adanya proyek yang menghubungkan antar jaringan komputer pada jaringan komputer ARPANET. Dalam masa ini, muncul metoda untuk menghubungkan antar jaringan dengan gateway.
§ Pada tahun 1973-1977, dikembangkan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) digunakan untuk pengiriman infromasi dapam bentuk paket-paket data.
Pada akhir tahun 1980-an, harga komputer mini semakin menurun dan mendorong penggunaan komputer dan jaringan, mulai dari jaringa peer to peer hingga ke bentuk Local Area Network untuk komunikasi bersama tanpa komputer pusat. Dengan adanya internet, LAN meluas menjadi WAN
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

kamu adalah pengunjung yang ke

Diberdayakan oleh Blogger.

like this

Translate